Pengertian Arsitektur Komputer, Komponen dan Manfaatnya dalam Bisnis

Sesuai dengan namanya, pengertian arsitektur komputerberkaitan dengan serangkaian konsep perencanaan dan pengoperasian sistem komputer. Arsitektur komputer dalam bisnis atau perusahaan merupakan cetak biru rencana dan deskripsi fungsional dari keperluan bagian hardware atau perangkat keras dengan desain tertentu.

Arsitektur komputer dalam sistem informasi perusahaan mencakup kecepatan proses dan sistem interkoneksinya. Misalnya saja arsitektur difokuskan secara bagaimana CPU bekerja, bagaimana cara mengakses data dari dan ke memori cache, ROM, RAM dan cakram keras serta termasuk juga arsitektur von Neumann, RISC, CISC, Blue Gene dan lain-lain.

Pengertian arsitektur komputer yang lain adalah sebagai ilmu atau seni mengenai interkoneksi komponen perangkat keras komputer untuk memenuhi kebutuhan kinerja, fungsional serta target biaya. Gampangnya, arsitektur komputer berfungsi untuk menerjemahkan strategi perusahaan dalam bentuk teknologi informasi.

Lebih jauh tentang arsitektur komputer, komponen dan manfaatnya akan dibahas dalam artikel ini.

Komponen Penting Arsitektur Komputer Dalam Bisnis

Seperti yang disebutkan dalam salah satu artikel di website https://www.maxmanroe.com/, ada 3 komponen utama arsitektur komputer dalam bisnis yaitu diantaranya:

  1. Business Strategy. Arsitektur komputer yang diterapkan untuk mendukung startegi bisnis perusahaan mencakup seperti visi, misi dan tujuan bisnis perusahaan untuk jangka pendek maupun jangka panjang.
  2. IT Strategy. Arsitektur komputer yang berkaitan dengan strategi perencanaan infrakstruktur dan arsitektur perusahaan.
  3. Information Technology. Arsitektur komputer dimaksudkan untuk mengikuti dan mengetahui perkembangan teknologi informasi dimana bertujuan untuk mengimbangi kemajuan di bidang IT sebagai bentuk kecepatan dalam antisipasi.

Prinsip Arsitektur Komputer Dalam Bisnis

Melihat dari pengertian arsitektur komputer dan apa saja komponen utama di dalamnya, maka berikut ini prinsip arsitektur komputer dalam mendukung pekembangan bisnis antara lain:

  1. Arsitektur komputer berperan untuk kemudahaan penggunaan teknologi informasi di dalam perusahaan. Artinya teknologi informasi disini dapat dengan mudah dibangun dan digunakan untuk mendukung dan solusi berbasis informasi komputer. Jika sistem informai perusahaan tidak didesain dengan baik maka koordinasi bisa terganggu.
  2. Prinsip satu titik pandang dalam desain arsitektur komputer memungkinkan secara konsisten sudut pandang yang terintegrasi dari bisnis terlepas dari mana jalur aksesnya.
  3. Arsitektur komputer mengutamakan kecepatan dan kualitas dengan cara memberikan penekanan dengan mempercepat waktu untuk pemasaran strategi namun tetap memperhaikan kualitas yang dibutuhkan.
  4. Arsitektur komputer yang fleksibilitas dan lincah dapat mendukung adanya perubahan kebutuhan bisnis dan memungkinkan evolusi desain arsitektur untuk solusinya.

Manfaat Arsitektur Komputer Dalam Bisnis

Penerapan arsitektur komputer dalam bisnis atau perusahaan memiliki tujuan utama untuk membangun jaringan atau interkoneksi di dalam perusahaan yang terorganisir dengan baik dan sesuai dengan kemajuan di bidang IT. Sehingga dengan desain arsitektur komputer bisnis yang baik maka akan memberikan beberapa manfaat berikut ini:

  1. Menghilangkan cara-cara manual di dalam perusahaan menjadi sistem mesin yang otomatis. Sebagai contoh dengan mengganti sistem absen pegawai dengan cari sidik jari yang secara otomatis teintergrasi dengan jam kerja dan upah yang akan diberikan di akhir bulan. Tentu saja ini akan menghemat biaya dan tenaga kerja untuk mengerjakannya.
  2. Desain arsitektur komputer bermanfaat untuk mengerjakan apapun dengan cepat. Hal ini karena kemampuan teknologi informasi dapat memperpendek rantai birokrasi dalam internal perusahaan.
  3. Mendukung dalam sistem pengambilan keputusan yang cepat karena kemajuan IT dapat mempercepat waktu yang diperlukan untuk memperoleh data.
  4. Sistem informasi juga bermanfaat untuk menghemat biaya dalam hal promosi atau pemasaran.

Pada intinya sesuai yang dijelaskan dalam pengertian arsitektur komputerserta komponen dan prinsipnya diatas, adanya arsitektur komputer membuat sistem informasi dan alur koordinasi di dalam perusahaan menjadi lebih terstruktur.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*