Kecantikan Luar Biasa dari Air Terjun Benang Stokel Lombok

Lombok tak ada habisnya menggodamu dengan objek-objek wisatanya yang cantik-cantik. Salah satu objek wisata yang akan menawarkanmu kecantikan luar biasa adalah Air Terjun Benang Stokel. Kecantikan air terjun ini sangat populer, banyak wisatawan lokal maupun manca negara datang untuk membuktikannya. Dan pendapat mereka setelah melihat Air Terjun Benang Stokel adalah kecantikannya luar biasa.

Dari namanya yang unik saja saja, Air Terjun Benang Stokel akan membuatmu penasaran, bukan? Dinamakan benang stokel karena air terjun yang jatuh cantik di antara tebing-tebing seperti garis-garis panjang yang menggumpal seperti benang stokel. Air terjun ini terlihat terjun dengan lembut dan menawan dengan pesona yang pasti akan membuatmu menggelengkan kepala, tak menyangka.

Air Terjun Stokel memiliki dua titik air, sehingga semakin cantik dan unik. Tingginya kira-kira 30 meter. Kedua titik air tersebut memiliki debit air yang berbeda, yang kiri lebih besar dibandingkan yang kanan. Kamu tidak boleh melewatkan berenang di kolam alami di bawah air terjun ini. Airnya yang dingin akan memancarkan kesegaran. Apalagi, mitosnya Air Terjun Benang Stokel dapat mempercantik kulit dan mengatasi rambut rontok. Tak ada salahnya bukan untuk mencoba dan membuktikan mitos tersebut.

Setelah lelah berenang, kamu bisa duduk di pendopo, terdapat tiga pendopo di tempat ini. Di pendopo kamu bisa membuka bekal makananmu, atau membeli makanan dan minuman di warung sederhana di areal parkir dan di dekat pintu masuk. Tenang saja, untuk menganti bajumu yang basah terdapat toilet dan tempat ganti pakaian.

Menuju Air Terjun Benang Stokel yang berada di Dusun Pemontoh, Desa Aik Berik, Kecamatan Batu Keliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah ini dari Kota Mataram kira-kira menempuh jarak 30 kilometer dengan waktu sekitar 1 jam. Perjalanan yang akan kamu lewati sungguh menyenangkan, kamu akan disapa oleh persawahan, perkebunan cokelat dan kopi. Setelah mendekati lokasi air terjun, jalannya sedikit bergelombang.

Jika kamu membawa kendaran dari Kota Mataram, kamu akan melalui wilayah Narmada menuju Sedau. Sesampainya di simpang tiga Desa Pancor Dao, kamu melanjutkan ke arah timur laut menuju Pasar Teratak.  Dari pertigaan Pasar Taratak, kamu belok ke arah kiri melewati pedesaan hingga sampai di lokasi parkir kendaraan Air Terjun Benang Stokel.

Untuk melihat kecantikan Air Terjun Benang Stokel, kamu harus berjuang terlebih dahulu. Ini disebabkan kendaraan kamu tidak bisa berhenti tepat di depan air terjun. Kamu harus menuruni puluhan anak tangga menuju tepi air terjun. Kira-kira jarak antara pintu masuk dengan lokasi air terjun 500 meter. Waktu yang harus ditempuh sekitar 20 menit. Sedangkan untuk tiket masuk, untuk wisatawan lokal cukup Rp. 3000 per orang, dan untuk wisatawan manca negara adalah Rp. 10.000 per orang. Sedangkan untuk penginapan terdekat sekitar 25 kilometer di Kota Praya.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*